Mari Belajar Biologi

TUMBUHAN VENUS

0

Tumbuhan venus – Kamu tentu sangat sering mendengar kata venus bukan? Eits bukan venus nama planet di tata surya ya guys. Venus yang akan saya bahas kali ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang cukup terkenal karena memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya tumbuhan mendapatkan energi dengan cara fotosintesis, tumbuhan yang satu malah mencerna serangga yang hinggap di bagian mirip mulut berduri. Jadi itu tumbuhan apa hewan sih? Kok makan serangga?

Selain venus, tentu kamu juga pernah mendengar tumbuhan pemakan serangga lainna seperti kantung semar bukan? Tumbuhan venus dan kantung semar banyak ditemukan di daerah rawa dengan persebaran di daerah subtropis seperti Amerika dan Carolina.

klasifikasi tumbuhan venus menurut ahli taksonomi:

Kingdom         : Plantae

Phylum            : Anthophyta

Classis             : Magnoliopsida

Order               : Caryophyllales

Familia            : Droseraceae

Genus              : Dionaea

Species            : D. muscipula

Baca juga artikel menarik lainnya :PROTISTA MIRIP TUMBUHANTumbuhan Paku

Pengertian Tumbuhan Venus

Tumbuhan venus atau Dionaea muscipula merupakan tumbuhan yang karnivora karena dapat mencerna serangga. Bagian tumbuhan yang dihinggapi serangga merupakan modifikasi dari daun yang mengandung nektar manis sehingga menarik serangga untuk datang. Morfologi daunnya memiliki engsel dan memiliki bulu-bulu halus yang sangat sensitif terhadap rangsang. Sedangkan morfologi bunga venus memiliki tangkai sepanjang 10-25 cm. bunganya berbentuk seperti cluster dengan warna putih. Tanaman ini juga bereproduksi secara generatif dengan biji.

Tumbuhan Venus

Tumbuhan ini juga tidak mencerna serangga tanpa alasan. Pada dasarnya tumbuhan venus juga melakukan fotosintesis seperti tumbuhan lain, akan tetapi karena habitatnya di tempat yang minim nutrisi, ada beberapa nutrisi yang tidak bisa didapat hanya dengan berfotosintesis saja. Maka munculah modifikasi daun berupa organ yang mirip dengan sepasang telapak tangan dengan duri di bagian tepinya untuk menangkap serangga. Nantinya zat organik yang didapat dari serangga yang sudah dicerna akan digunakan untuk memenuhi nutrisinya sehari-hari. Modifikasi tumbuhan semacam itu sangat sering terjadi disekitar kita dalam waktu yang lama sebagai upaya tumbuhan untuk dapat terus bertahan hidup.

Proses mendapatkan mangsa

Proses terperangkapnya serangga terjadi saat serangga masuk ke bagian yang mengandung nektar, kemudian serangga tersebut akan menyentuh bulu-bulu halus di tepi perangkapnya. Karena ransangan tersebut, perangkap akan tertutup dalam beberapa saat dan serngga akan dicerna secara perlahan.

Tumbuhan Venus sebagai indikator tanah mengandung sediki nutrisi

Tumbuhan venus juga dapat dijadikan sebagai indikator oleh para ahli. Artinya,jika suatu wilayah sudah ditumbuhi tumbuhan ini secara alami, bisa dipastikan pada area tersebut mengandung sedikit nutrisi dan mineral karena habitat venus sendiri adalah tempat yang mengandung minim nutrisi. Namun, sekarang mulai banyak kolektor tumbuhan yang memelihara tanaman yang satu ini. Alasannya tentu saja karena venus merupakan tumbuhan yang unik dan memiliki nilai keindahan yang berbeda dari lainnya. Selain sebagai koleksi, juga dimanfaatkan sebagai pembunuh nyamuk secara alami. Jika kamu tertarik memeliharanya dirumah tidak usah khawatir karena tanaman venus tidak berbahaya untuk anak-anak. Jika secara tidak sengaja tangan kita masuk kedalam perangkapnya, itu tidak akan menimbulkan efek serius dan kita akan dengan mudah membuka perangkapnya kembali. Cairan didalam perangkap juga tidak akan berefek buruk untuk jari kita. Hanya saja kamu akan merasa kaget karena perangkap venus akan menutup dengan tiba-tiba.

Tumbuhan Venus

Karena memiliki peminat yang cukup banyak, kini venus memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai bisnis holtikultura. Karena biasa hidup di tempat yang minim mineral, perawatan tanaman ini cukup sederhana dan tidak terlalu sulit. Ditambah lagi iklim Indonesia yang tropis sangat cocok untuk ditumbuhi venus.

Itulah tadi penjelasan tentang tumbuhan venus dari segi biologi sampai segi ekonomi. Gimana? Sudah bertambah wawasannya mengenai tumbuhan yang satu ini? Dengan membaca artikel diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa setiap makhluk hidup yang ada dimuka bumi pasti memiliki manfaat tersendiri. So, jangan pernah sekali kali meremehkan organisme yang ada disekitar kita ya guys.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu di bidang biologi dan berguna juga saat di sekolah nanti. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.