Mari Belajar Biologi

SOAL JARINGAN TUMBUHAN BESERTA JAWABAN

0

Soal jaringan tumbuhan beserta jawaban – Halo sobat edubiologi.com yang lagi kepo-keponya dengan ilmu biologi. Kali ini saya akan sharing sesuatu yang berbeda dari biasanya. Kalau biasanya saya share tentang pengetahuan dengan tema tertentu, kali ini saya akan share tentang soal jaringan tumbuhan beserta jawaban. Dengan memahami pertanyaan dan jawaban yang ada, diharapkan kamu jadi lebih bisa mendalami dan dapat menjawab jika ada pertanyaan serupa.

Yuk langsung saja simak soal jaringan tumbuhan beserta jawaban berikut ini

  1. Sebut dan jelaskan jaringan yang ada pada tumbuhan!

Jawab:

  • Jaringan dasar

Jaringan dasar atau biasa disebut dengan jaringan parenkim merupakan jaringan pada tumbuhan yang berfungsi mengisi ruang antara jaringan yang satu dengan yang lainnya.

  • Jaringan meristem

Jaringan meristem merupakan jaringan yang masih muda dan masih sangat aktif melakukan pembelahan. Jaringan meristem tumbuhan terdapat pada ujung tunas dan ujung akar. Jika kamu memperhatikan bawang bombai yang muncul akarnya, terdapat warna kecoklatan pada ujung akarnya, itulah jaringan meristem.

  • Jaringan penyokong

Sesuai namanya, jaringan penyokong berfungsi untuk menyokong bentuk dari tumbuhan itu sendiri. Jaringan penyokong umumnya memiliki dinding sel yang tebal dan kuat. Ketika dewasa, jaringan ini akan berhenti membelah dan berfungsi memperkuat bentuk tumbuhan. Jaringan penyokong ada dua yaitu kolenkim dan sklerenkim.

  • Jaringan pengangkut

Jaringan berikutnya yaitu jaringan pengangkut. Dinamakan jaringan pengangkut karena berfungsi sebagai pengangkut dalam tumbuhan. Jaringan pengangkut ada dua yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dari tanah ke daun sedangkan floem mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh organ tumbuhan.

  • Jaringan epidermis

Jaringan yang terakhir yaitu jaringan epidermis atau jaringan pelindung yang berfungsi melindungi jaringan dibawahnya.

  1. Fungsi dari jaringan kambium adalah:

Jawab: Fungsi jaringan kambium pada tumbuhan yaitu untuk pertumbuhan sekunder atau perbesaran batang. Jadi pada tumbuhan terdapat dua jenis pertumbuhan, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan yang arah tumbuhnya vertikal yang melibatkan jaringan meristem batang dan akar. Sedangkan pertumbuhan sekunder yang arah pertumbuhannya horisontal dan melibatkan jaringan kambium.

Jaringan Kambium

  1. Jaringan pada daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis yaitu?

Jawab: Jaringan palisade (jaringan tiang) dan jaringan spons. Pada jaringan palisade dan jaringan spons terdapat klorofil dimana klorofil merupakan reseptor cahaya yang nantinya masuk ke proses fotosintesis.

Jaringan Pada Daun

  1. Sebutkan jaringan parenkim berdasarkan letaknya

Jawab: Jaringan parenkim berdasarkan letaknya dibagi menjadi tiga

  • Parenkim apikal yaitu jaringan parenkim yang terletak pada ujug batang dan ujung akar.
  • Parenkim lateral yaitu parenkim yang terletak di kambium vaskuler.
  • Parenkim interkalar yaitu parenkim yang terletak disela-sela ruas rumput-rumputan.
  1. Pada bagian tengah batang singkong dewasa terdapat jaringan yang mirip dengan gabus. Apakah fungsi dari jaringan tersebut?

Jawab: Fungsi jaringan gabus adalah mengurangi penguapan air pada batang. Jaringan gabus ini merupakan modifikasi dari jaringan meristem sekunder pada batang.

  1. Apakah yang dimaksud dengan kultur jaringan?

Jawab: Kultur jaringan adalah metode untuk mengisolasi sel atau jaringan tertentu pada tumbuhan secara steril dan menumbuhkannya hingga menjadi tanaman yang utuh.

  1. Apakah perbedaan jaringan pengangkut pada tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil?

Jawab: Perbedaan jaringan pengangkut pada tumbuhan monokotil dan dikotil terlihat jelas jika kamu melihat anatomi batangnya. Pada tumbuhan dikotil, floem dan xilem tersusun rapi dan melingkar dengan dibatasi oleh kambium. Sedangka pada tumbuhan monokotil, letak xilem dan floem menyebar dan tidak ada kambium.

Jaringan Pengangkut

  1. Contoh modifikasi dari jaringan epidermis daun adalah

Jawab: Contoh modifikasi epidermis daun yaitu stomata dan trikoma. Stomata atau mulut daun berfungsi sebagai tempat pertukaran gas, sedangkan trikoma berfungsi untuk mengurangi penguapan.

  1. Sel dan jaringan pada tumbuhan memiliki kemampuan totipotensi. Jelaskan pengertian totipotensi!

Jawab: Totipotensi adalah kemampuan sel tunggal untuk terus membelah diri dan terdiferensiasi menjadi satu tanaman utuh.

  1. Berikan contoh tumbuhan yang memiliki jaringan kambium!

Jawab: Pohon jati, pohon manga, pohon nangka, pohon sawo, pohon kenikir dan tumbuhan dikotil lainnya.

Itulah tadi soal jaringan tumbuhan beserta jawaban yang dapat menambah pemahamanmu mengenai jaringan tumbuhan. Dari semua soal diatas, hampir semuanya selalu ditanyakan di ujian SMA bahkan ujian masuk universitas loh, jadi asah terus kemampuanmu di bidang biologi ya guys agar ilmu yang kamu punya terus berkembang. Demikian artikel tentang soal jaringan tumbuhan beserta jawaban. Semoga bermanfaat

Baca Juga :Tumbuhan Paku

Leave A Reply

Your email address will not be published.