Mari Belajar Biologi

Sel Tumbuhan dan Fungsinya

1

Setiap tumbuhan tersusun dari beberapa organ, sedangkan organ tersusun dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi yang sama. Sel tumbuhan dan fungsinya sangat banyak sekali. Jaringan ini tersusun dari banyak sel yang berukuran sangat kecil. Dalam ilmu biologi, sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan. Letak pembedanya adalah pada sel hewan tidak memiliki dinding sel sedangkan sel tumbuhan memiliki dinding sel, plastida (kloroplas, amiloplas dll.) dan vakuola.

sel tumbuhan dan fungsinya

Sel tumbuhan juga tersusun dari beberapa organel yang masing-masing memiliki peran tersendiri dalam metabolism sel. Secara keseluruhan, penyusun sel tumbuhan terdiri dari

  • Protoplas
    • Protoplasmik
      • Sitoplasma
      • Inti sel
      • Organel
    • Non protoplasmik
  • Vakuola
  • Substansi ergastik
  • Dinding Sel
    • Lamela tengah
    • Dinding primer
    • Dinding sekunder

SEL TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai komponen sel tumbuhan dan fungsinya

  1. SITOPLASMA

Merupakan bagian dari protoplas. Merupakan larutan yang kental dengan komponen utama air (85 – 90%).  Aliran sitoplasma dinamakan rotasi dan sirkulasi.  Sitosol termasuk bagian dari sitoplasma kecuali organel. Fungsi sitoskeleton adalah memberi bentuk pada sel, memegang organel dan tersusun atas filamen protein.

  1. NUKLEUS

Komponen nukleus terdiri dari membran nukleus, butir kromatin, nukleolus dan nukleoplasma. Didalam  nukleoplasma terdapat DNA, RNA, ribosom,  protein, garam2 dan mineral.

  1. RETIKULUM ENDOPLASMIK (RE)

Terdiri dari sisternae, vesikula dan tubula. Sisternae adalah saluran pipih, tidak bercabang, tersusun paralel ukuran 40 – 50 μm. Vesikula berbentuk oval, uk. 25 – 530 μm. Tubula adalah saluran bercabang membentuk sistem retikuler, ukuran 50 – 190 μm. Fungsinya untuk  sintesis sterol dan fosfolipid, bagian dari semua membran organel. Ada 2 macam RE yaitu RE halus (smooth ER) dan RE kasar (rough ER). RE mengangkut  enzim dan protein keluar dari sitoplasma (fungsi sekresi). RE juga berperan dalam pembentukan diktiosom.

Baca juga : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  1. DIKTIOSOM (APARATUS GOLGI)

Memiliki struktur berupa tumpukan kantong pipih berongga dengan ujung tepi menggelembung (sisternae) dan dikelilingi oleh benda-benda bulat (vesikula). Fungsinya untuk memproses bahan (protein) ketika  digerakkan melalui sel atau keluar sel.

  1. MITOKONDRIA

Memiliki struktur  bentuk bulat – oval, Ø 0,2 – 5 m, dilapisi  membran ganda, membran luar dan membran dalam, lipatan ke arah dalam disebut krista (cristae).

Berungsi untuk respirasi sel,  mesin pembangkit energi dalam bentuk ATP. Matriks mitokondria mengandung DNA dan ribosom, sehingga mampu mensintesis protein enzim.

  1. PLASTIDA

Tersusun atas kloroplas yang berfungsi untuk fotosintesis. Struktur kloroplas dibungkus oleh seludang yang terdiri atas 2 membran. Pada kloroplas terdapat membran internal yang disebut tilakoid  (lamela). Membran tilakoid  terdiri dari lamela grana (bertumpuk) dan lamela stroma (tidak bertumpuk).

  1. MIKROBODI

Mikrobodi adalah badan renik berukuran sangat kecil dan dibatasi membran tunggal. Terdapat 2 macam mikrobodi, glioksisom dan peroksisom. Glioksisom berperan dalam proses perkecambahan biji, dapat menyimpan lemak sebagai cadangan dan mengandung enzim yang diperlukan untuk pemecahan asam lemak menjadi asetil Ko-A. Peroksisom adalah mikrobodi yang berfungsi dalam proses oksidasi asam glikolat yang menyebabkan pembebasan CO2 dan O2.

Baca juga : Daftar hewan dan tumbuhan langka di Indonesia

  1. RIBOSOM

Berbentuk butiran kecil, tersusun atas ribonukleo protein. Terdapat bebas di dalam sitoplasma, matriks mitokondria dan kloroplas, di dalam inti sel serta menempel pada membran RE. Struktur berbentuk bulat, Ø 150 – 250 oA. Terdapat 2 macam tipe ribosom, tipe 70S dan tipe 80S, terdiri dari 2 bagian (sub unit). Ribosom dibentuk di dalam anak inti (nukleolus),  dikeluarkan ke dalam sitoplasma. Ribosom berfungsi untuk sintesis protein. Ribosom dapat dijumpai berkelompok, menjadi poliribosom atau polisom

  1. SFEROSOM

Merupakan badan lipida yang dikelilingi membran. Diduga berasal dari vesikula berisi minyak yang lepas dari RE. Satu jenis lisosom yang mengandung enzim hidrolitik digesti.

  1. MIKROTUBULA

MIKROTUBULA

Berbentuk lurus memanjang, kosong di tengah, diameter 23 – 27 μm. Merupakan fibril selulose pada saat pembentukan dinding sel, bagian dari sitoskleleton (rangka sel). Terdapat dalam sitoplasma berdekatan dengan dinding sel yang sedang mengalami pertumbuhan. Pada sel yang membelah dapat dijumpai pada daerah fragmoplas.

Itulah tadi sel tumbuhan dan fungsinya. Memang sangat rumit dan masing-masing fungsi dapat berjalan dengan baik tanpa kita sadari. So, demikian artikel mengenai sel tumbuhan dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Mulyani, Sri. 2006. Anatom Tumbuhan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

1 Comment
  1. […] Baca juga : Sel Tumbuhan dan Fungsinya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.