Mari Belajar Biologi

RUANG LINGKUP DAN PERMASALAHAN BIOLOGI

0

Ruang lingkup dan permasalahan biologi – Halo para pecinta biologi dimanapun kamu berada. Kali ini saya ingin membagikan ilmu tentunya tentang biologi. Ilmu yang akan saya bagikan merupakan pengetahuan yang wajib kamu pahami karena ini adalah konsep biologi yang paling dasar, sehingga akan terus dipakai hingga jenjang beirkutnya. Tema yang akan saya bahas kali ini yaitu ruang lingkup dan permasalahan biologi.

Seperti yang kita bahwa biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan. Biologi merupakan gabungan dari dua kata yaitu Bios yang berarti hidup dan Logos berarti ilmu pengetahuan. Jadi biologi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup.  Bisa dibayangkan betapa luasnya cakupan ilmu biologi ini. Bahkan jika kita sudah pelajari satu ilmu, ternyata masih banyak lagi yang kita belum kita tahu saking banyaknya.

Objek Kajian Biologi

Karena mempelajari tentang makhluk hidup, jangkauan ilmu Biologi menjadi sangat luas. Objek kajian biologi dapat disusun dari unit terkecil yaitu sel, hingga tingkatan biosfer. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  1. Sel

Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Walaupun berukuran sangat kecil, sel memiliki aktivitas metabolismenya sendiri dengan dibantu oleh organel-organel yang ada didalamnya. Organel yang ada pada sel umumnya terdiri dari inti sel, ribosom, retikulum endoplasma, mitokondria, dan aparatus golgi. Setiap organel tersebut juga memiliki fungsi masing-masing yang dapat menunjang kinerja sel.

Sel

  1. Jaringan

Tingkatan setelah sel yaitu jaringan. Jaringan sendiri adalah kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama. Misalnya saja jaringan sel pada jantung tentu berbeda dengan jaringan sel pada mata karena memiliki fungsi yang berbeda. Secara umum jaringan sel akan menunjang aktivitas sesuai dengan fungsinya masing-masing, apapun jenis makhluk hidupnya.

  1. Organ

Unit berikutnya adalah organ, yaitu kumpulan dari jaringan yang bekerja sama untuk melakukan aktivitas tertentu. Misalnya saja pada organ jantung. Fungsi jantung sendiri yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam jantung terdapat beberapa jaringan yang bekerja sama untuk menyokong fungsi jantung itu sendiri.

  1. Sistem Organ

Unit berikutnya adalah sistem organ, yaitu kumpulan dari organ yang bekerjasama untuk mendukung satu aktivitas yang sama. Contoh sistem organ yaitu sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem ekskresi, sistem gerak dan lain-lain. Tiap sistem organ tersebut melibatkan beberapa organ yang menyokong fungsi yang sama.

Sistem Organ

  1. Individu

Unit selanjutnya yaitu individu. Dari keseluruhan sistem organ, terbentuklah unit individu utuh misalnya manusia, tumbuhan dan hewan.

  1. Populasi

Tingkatan selanjutnya yaitu populasi. Populasi merupakan kumpulan individu yang sama. Misalnya saja populasi burung flaminggo, berarti kumpulan yang terdiri dari burung flaminggo.

Populasi

  1. Komunitas

Tingkatan selanjutnya yaitu komunitas yang merupakan kumpulan dari beberapa populasi makhluk hidup yang berbeda yang hidup dalam wilayah dan waktu yang sama.

  1. Ekosistem

Ekosistem merupakan unit yang terdiri dari komunitas namun lebih kompleks karena berkaitan dengan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan yang ditempatinya. Misalnya saja ekosistem gurun berarti terdiri dari semua makhluk hidup yang ada di gurun dan interaksinya dengan lingkungannya.

  1. Biosfer

Biosfer yaitu unit terbesar karena mencangkup semua ekosistem yang ada di bumi.

Biosfer

Dari kesembilan unit tersebut kita dapat mengetahui bahwa ruang lingkup biologi ternyata sangatlah luas dan sangat menarik untuk dipelajari. Bukan hanya makhluk hidupnya saja, biologi juga belajar tentang interaksi antar makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, atau bahkan dengan lingkunganya.

Cabang- cabang Ilmu Biologi

Cabang-cabang ilmu biologi juga ada banyak yang bisa kita pelajari, yaitu terdiri dari genetika, sitologi, histologi, morfologi, anatomi, fisiologi, taksonomi, ekologi, evolusi, mikrobiologi, zoologi, botani, malakologi, virologi, bakteriologi, mikologi, entomologi, ornitologi, mamologi, embriologi dan masih banyak lagi.

Masalah- masalah Biologi

Dari semua cakupan biologi tersebut, muncul juga masalah-masalah pada tiap tingkatan objek kajian biologi. Contoh pada tingkat molekul terdapat masalah berupa perubahan gen pada suatu organisme, hal ini dapat menyebabkan mutasi seperti lahirnya organisme albino, kelainan organ dan sebagainya.  Pada tingkat sel misalnya terdapat keadaan dimana sel mengalami plasmolisis karena keadaan tertentu. Pada tingkat organ misalnya terjadinya penyakit kanker. Pada tingkat komunitas misalnya adanya interaksi merugikan yang dilakukan oleh hama belalang terhadap hasil pertanian sehingga menyebabkan gagal panen. Pada tingkat ekosistem misalnya kebakaran hutan sehingga menimbulkan hewan terancam punah. Pada tingkat biosfer contohnya yaitu terjadinya pemanasan global.

Itulah tadi ruang lingkup dan permasalahan biologi. Dengan membaca artikel ruang lingkup dan permasalahan biologi diatas, diharapkan kamu lebih memahami konsep dasar pada biologi untuk memudahkan ketika belajar dikemudian hari. Demikian artikel tentang ruang lingkup dan permasalahan biologi. Jangan lupa share untuk berbagi ilmu dengan yang lain dan semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik lainnya :TUMBUHAN VENUSFungsi Xilem dan Floem Tumbuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.