Mari Belajar Biologi

PROTISTA MIRIP TUMBUHAN

0

Hallo selamat malam… jumpa lagi. Kesempatan kali ini kami akan membagikan info menarik nih Protista Mirip Tumbuhan, semoga bermanfaat. Protista mirip tumbuhan – Kamu tentu sudah sangat sering mendengar istilah Protista jika sudah mempelajari pengelompokan makhluk hidup dalam biologi. Protista merupakan kingdom yang berisi organisme uniseluler, beberapa multiseluler dan memiliki membran inti. Kingdom Protista ini berisi organisme bukan hewan, bukan tumbuhan dan bukan pula jamur karena tidak sesuai dengan karakteristik kingdom lainnya. Maka dari itu terbentuklah kingdom bernama Protista.

Anggota kingdom Protista sangat banyak, ada yang mirip hewan, mirip jamur dan ada pula yang mirip tumbuhan. Namun pada kesempatan kali ini saya akan lebih membahas Protista mirip tumbuhan. Disebut Protista mirip tumbuhan karena Protista ini memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis. Namun yang membedakanya dengan kingdom plantae adalah Protista mirip tumbuhan ini tidak memiliki akar, batang dan daun sejati.

Protista mirip tumbuhan dapat dikelompokan menjadi enam filum, yaitu Euglenophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Pyrrophyta, Phaeophyta Dan Rhodophyta. Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing filum tersebut, check it out!

  1. EUGLENOPHYTA

Euglenophyta merupakan Protista yang memiliki bentuk lonjong, memiliki bulu cambuk (flagella). Pigmen yang terkandung kebanyakan merupakan klorofil A, Klorofil B, karoten dan xantofil. Karena memiliki klorofil, Protista ini disebut organisme autotrof yang bisa membuat makanannya sendiri dibantu dengan cahaya. Jika cahaya meredup, mereka akan hidup secara heterotrof. Filum euglenophyta juga memiliki bintik mata atau biasa disebut dengan stigma dan kloroplas. Selain disebut mirip tumbuhan, kelompok Protista ini juga disebut mirip hewan karena memiliki alat gerak berupa flagella. Filum ini biasanya ditemukan di lingkungan perairan dan berkembang biak dengan membelah diri.

Filum EUGLENOPHYTA

  1. CHLOROPHYTA

Chorophyta atau biasa disebut dengan alga hijau merupakan Protista mirip tumbuhan yang memiliki pigmen penyusun berupa klorofil, ada pula yang mengandung karoten. Klorofil yang terkandung terkumpul dalam organ bernama kloroplas. Bentuk kloroplas masing-masing jenis chlorophyta biasanya berbeda-beda (bintang, bulat, spiral). Karena memiliki klorofil, chlorophyta dapat membuat makanannya sendiri (fotosintesis). Biasanya filum ini ditemukan ditempat perairan dan bereproduksi secara aseksual dengan membelah diri atau secara seksual dengan konjugasi.

Filum CHLOROPHYTA

  1. CHRYSOPHYTA

Chrysophyta merupakan Protista mirip tumbuhan yang berwarna keemasan karena memiliki pigmen dominan yaitu fikosantin dan karoten. Anggota filum ini cukup banyak yaitu sekitar 850 spesies. Sebagian besar spesiesnya termasuk dalam organisme fotoautotrof karena dapat melakukan fotosintesis. Anggota dari filum ini ada yang uniseluler dan ada pula yang multiseluler. Anggota filum chrysophyta bereproduksi dengan cara aseksual (pembelahan biner dan spora) dan seksual (peleburan gamet). Habitat filum ini biasanya di perairan air laut maupun air tawar, kadang juga ditemukan di tanah yang memiliki kelembaban tinggi.

Filum CHRYSOPHYTA

  1. PYRROPHYTA

Pyrrophyta bisa juga disebut dengan Dinoflagellata merupakan salah satu anggota Protista yang memiliki karakter berupa mengandung klorofil A dan C, fikobilin, santosin dan dinosantin. Klorofil yang menyusun tubuh memiliki pigmen berwarna merah sehingga biasa disebut juga sebagai ganggang api. Ganggang ini sangat mudah diidentifikasi dilautan jika kamu sering melihat fenomena air laut tampak berwarna merah, masyarakat biasa menyebutnya sebagai peristiwa gelombang merah (red tide). Peristiwa alam ini biasanya diakibatkan oleh kandungan oksigen yang menipis pada air sehingga mengakibatkan banyak organisme di lautan tidak dapat bertahan hidup. Anggota filum ada lebih dari 1100 spesies. Pyrrophyta juga memiliki alat gerak berupa flagella dan memiliki habitat di air tawar dan air laut.

Filum PYRROPHYTA

  1. PHAEOPHYTA

Phaeophyta bisa juga disebut sebagai alga coklat merupakan Protista mirip tumbuhan yang memiliki pigmen dominan berwarna coklat atau xantofil. Jumlah spesies filum ini mencapai 1500 spesies dan sebagian besar hidup di air laut. Phaeophyta juga mengandung pigmen lain yaitu klorofil A dan C serta xantofil. sebagian besar adalah organisme multiseluler berbentuk menyerupai benang. Dilihat dari morfologinya, filum ini terlihat sangat mirip dengan tumbuhan karena terdapat struktur seperti akar, batang dan daun. Cara reproduksi alga coklat yaitu secara seksual dan aseksual.

Filum PHAEOPHYTA

  1. RHODOPHYTA

Rhodophyta yaitu Protista yang mengandung banyak pigmen fikoeritrin sehingga berwarna merah dan biasa disebut dengan alga merah. Selain itu, alga merah juga mengandung pigmen lain sperti klorofil dan fikosianin. Habitat filum ini ada yang di laut dan ada pula yang di air tawar. Alga yang satu ini tidak memiliki flagella dan memiliki banyak lapisan dinding sell. Anggota filum ini bereproduksi secara aseksual dengan membentuk tetraspora dan secara seksual dengan pembuahan gamet jantan dan betina.

Filum RHODOPHYTA

Itulah tadi keenam Protista mirip tumbuhan atau banyak dikenal dengan sebutan alga. Ternyata untuk organisme tingkat rendah saja memiliki keanekaragaman yang luar biasa ya guys. Itulah mengapa cakupan ilmu biologi sangatlah luas untuk dipelajari. Semoga dapat menambah wawasanmu di bidang Biologi dan membuatmu semakin semangat untuk mempelajarinya.

Baca juga :Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.