Mari Belajar Biologi

Protista Mirip Hewan

0

Protista Mirip Hewan

Protista mirip hewan – Halo sobat edubiologi dimanapun kamu berada. Pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas tentang salah satu kingdom yang ada di bumi kita yaitu Protista. Setelah sebelumnya saya pernah membahas Protista mirip tumbuhan, kali ini giliran Protista mirip hewan yang akan kita pelajari di blog kesayangan kita ini. Nah, sebelum memulai pembahasan Protista mirip hewan, saya akan kasih sedikit perkenalan tentang kingdom Protista itu sendiri. Jadi Protista adalah kingdom yang anggotanya terdiri dari organisme yang tidak bisa dikelompokan ke kingdom yang lain.  Maka dari itu munculah kingdom Protista.

Kingdom Protista

Protista sendiri terbagi menjadi beberapa seperti Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan dan Protista mirip hewan. Nah yang akan kita dalami saat ini adalah Protista mirip hewan. Protista ini juga biasa disebut sebagai Protozoa. Protozoa sendiri berasal dari dua kata yaitu Proto yang berarti pertama dan Zoo yang berarti hewan. Jadi menurut istilah protozoa memiliki arti organisme mirip hewan sehingga dikatakan sebagai cikal bakal hewan yang ada dimasa sekarang. Protista ini dikatakan mirip hewan karena memiliki alat gerak sehingga mirip seperti hewan.

Bentuk dari protozoa bermacam-macam, bahkan ada protozoa yang bentuknya menyesuaikan dengan lingkungannya. Reproduksi organisme ini ada yang secara seksual yaitu dengan konjugasi dan ada pula yang secara aseksual dengan membelah diri. Klasifikasi Protista mirip hewan dapat dibedakan menjadi 6 filum. Berikut penjelasan dari masing-masing filum Protista mirip hewan.

  1. ZOOFLAGELLATA

Zooflagellata atau bisa juga disebut Zoomastigophora yang memiliki alat gerak sesuai dengan namanya yaitu flagella atau bulu cambuk. Sebagian besar filum ini memiliki sepasang flagella yang terletak pada bagian belakang tubuhnya. Habitat filum ini umumnya di air, tanah, bersimbiosis dengan organisme lain bahkan menjadi parasit. Sebagian besar zooflagellata merupakan orhanisme uniseluler yang hidup secara soliter dan sisanya hidup secara berkoloni. Filum ini ada yang memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri, dan ada pula yang heterotrof.

ZOOFLAGELLATA

  1. CILLIATA

Cilliata atau biasa juga dikenal dengan cilliophora merupakan Protista mirip hewan yang memiliki alat gerak berupa silia (bulu getar) yang terletak di seluruh permukaan tubuhnya. Cilia ini tidak hanya berfungsi sebagai alat gerak, tapi juga berfungsi untuk mengarahkan makanan ke mulut. Filum ini biasanya memiliki dua inti sel. Ini sel yang berukuran besar disebut makronukleus dan yang kecil dinamakan mikronukleus. Cilliata berkembak biak dengan aseksual dan sebagian seksual. Habitatnya kebanyakan di air tawar dan hidup soliter. Keunikan filum ini adalah dapat melumpuhkan mangsa dengan melepaskan trikosista, sejenis jarum untuk membuat mangsanya tidak bisa bergerak.

mikronulkeus. Makronukleus.
mikronulkeus. Makronukleus.
  1. SARCODINA

Sarcodina memiliki nama lain yaitu Rizopoda, yaitu Protista yang memiliki alat gerak berupa kaki semu atau pseudopodia. Dinamakan kaki semua karena alat gerak ini adalah penjuluran dan sitoplasma sehingga terlihat seperti kaki. Amoeba merupakan anggota dari filum ini yang biasa hidup di kolam. Pseudopodia berfungsi sebagai alat gerak sekaligus alat untuk menangkap makanan. Filum ini berkembang biak secara aseksual yaitu dengan pembelahan biner.

Sarcodina

  1. SPOROZOA

Filum selanjutnya yaitu sporozoa atau bisa juga disebut dengan Apicomplexa. Sporozoa berasal dari dua kata yaitu Sporo yang berarti biji dan Zoa berarti hewan. Anggota filum ini tidak memiliki alat gerak khusus, jadi mereka bergerak dengan kontraksi sel yang bisa menimbulkan gerakan. Cara hidup filum ini yaitu sebagai parasit dan memperoleh makanan dari inang yang ditempatinya. Siklus hidup sporozoa juga sangat kompleks karena bisa memiliki inang yang berbeda pada setiap tahap hidupnya. Contoh sporozoa yang paling sering ditemukan yaitu Plasmodium sp. yang dapat menyebabkan penyakit malaria.

sporozoa

  1. ACTINOPODA

Actinopoda adalah Protista yang memiliki alat gerak berupa pseudopodia atau biasa disebut dengan axopodia. Fungsi axopodia ini adalah membantu actinopoda untuk dapat mengapung dan menangkap mangsa yang berukuran lebih kecil. Actinopoda dapat dibagi menjadi dua yaitu Heliozoa yang biasa hidup di air tawar dan Radiozia yang hidup di air laut.

Actinopoda

  1. FORAMINIFERA

Filum terakhir yaitu foraminifera yang memiliki habitat di perairan laut, pasir, bebatuan atau menempel pada alga. Foraminifera berarti lubang yang berasal dari kata foramen. Tubuh anggota filum ini memiliki kerangka yang tersusun atas kalsium bikarbonat dan ketika mati, maka kerangkanya akan membentuk tanah globigerina. Tanah globigerina ini dapat dijadikan sebagai indikator adanya minyak bumi pada area tersebut. alat gerak pada filum ini yaitu pseudopodia yang saling terhubung. Anggota filum ini termasuk organisme yang langka karena sekitar 90% foraminifera yang ditemukan dilaut sudah dalam bentuk fosil.

foraminifera

Itulah tadi penjelasan Protista mirip hewan. Bagaimana? Ternyata makhluk tuhan bukan hanya tumbuhan hewan dan manusia saja ya, melainkan ada miliaran bahkan triliunan organisme yang tersebar di bumi dan masing-masing dari spesies tersebut memiliki keunikan tersendiri. Demikian artikel mengenai Protista mirip hewan. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu di bidang biologi dan bermanfaat juga bagi orang lain. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik lainnya :PROTISTA MIRIP TUMBUHAN dan TUMBUHAN VENUS

Leave A Reply

Your email address will not be published.