Mari Belajar Biologi

Perbedaan Dikotil dan Monokotil

3

Perbedaan dikotil dan monokotil – Tumbuhan berbiji atau spermatophyta dapat dibagi menjadi dua, yaitu berbiji terbuka (Gymnospermae) dan berbiji tertutup (Angiospermae). Sedangkan tanaman Angiospermae dapat dibagi menjadi dua, yaitu tumbuhan monokotil (biji berkeping satu) dan dikotil (biji berkeping dua). Namun untuk dikotil sekarang lebih dikenal dengan istilah eudicot oleh para ilmuan. Keping biji merupakan daun lembaga atau biasa disebut dengan kotiledon. Kotiledon ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makan (endosperm). Namun pada beberapa spesies tanaman, kotiledon tidak digunakan untuk menyimpan makanan.

Selain memiliki perbedaan pada keping biji, dikotil dan monokotil juga memiliki banyak perbedaan lain. Tumbuhan monokotil memiliki daun yang lengkap, yaitu terdiri dari pelepah, tangkai dan helai daun. Sedangkan dikotil berdaun yang tidak lengkap. Susunan tubuh tumbuhan pada tanaman monokotil juga lebih sederhana dibandingkan dengn dikotil. Untuk mengetahui perbedaan dikotil dan monokotil yang lain, kamu bisa simak penjelelasannya berikut yang sudah disertai dengan tabel.

PERBEDAAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL

  1. STRUKTUR BUNGA

Perbedaan yang sangat mudah diamati antara tumbuhan monokotil dan dikotil adalah struktur bunganya. Pada bunga tumbuhan monokotil biasanya memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan pada tanaman dikotil, biasanya memiliki kelopak bunga berjumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

  1. DAUN

Bentuk dan juga memiliki perbedaan antara tanaman monokotil dan dikotil. Pada tanaman monokotil biasanya daun berbentuk memanjang seperti pita dengan tulang daun yang sejajar, daun halus dan sempit. Sedangkan bentuk daun pada tanaman dikotil biasanya melebar dengan tulang daun menjari.

  1. BERKAS PEMBULUH

Berkas pembuluh dikotil juga sangat berbeda dengan berkas pembuluh yang ada pada tanaman monokotil. Berkas pembuluh pada tumbuhan monokotil biasanya tersebar, sedangkan pada tumbuhan dikotil berkas pembuluhnya tersusun melingkar dan teratur.

  1. AKAR

Sistem akar juga bisa menjadi pembeda antara tumbuhan monokotil dan dikotil. Pada tumbuhan dikotil, sistem akarnya tunggang dan bercabang, akarnya juga kuat karena dapat menembus tanah yang dalam. Sedangkan sistem akar pada monokotil adalah akar serabut yang tipis dan berukuran kecil. Selain itu, tudung akar (kaliptra) antara tumbuhan monokotil dan dikotil juga memiliki perbedaan. Tumbuhan monokotil biasanya memiliki tudung akar, sedangkan pada tanaman dikotil tidak memiliki tudung akar.

  1. BATANG

Contoh pembeda yang lainnya adalah batangnya. Batang pada tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium dan tidak bercabang. Sedangkan pada tumbuhan dikotil, batangnya memiliki kambium sehingga tanaman dikotil umunya bisa melakukan pertumbuhan sekunder yaitu batang yang membesar kearah samping. Batang dikotil juga dapat bercabang dan dapat tumbuh tinggi menjulang.

This is box title
  1. EMBRYO PADA BIJI

Pembeda yang satu ini tentu sangat jelas terlihat. Pada tumbuhan monokotil hanya memiliki satu keping kotiledon, sedangkan pada pada dikotil memiliki dua keping kotiledon.

  1. KLASIFIKASI

Selain 5 pembeda diatas, klasifikasi juga bisa menjadi pembeda pada tanaman dikotil dan monokotil. Tentunya anggota tanaman dikotil juga berbeda dengan monokotil pada tingkat familia.

Anggota tanaman dikotil

  • Leguminoceae atau suku polong-polongan seperti kacang kedelai, kacang tanah dsb.
  • Euphorbiaceae atau suku kastuba-kastubaan seperti singkong, karet dsb.
  • Solanaceae atau suku terong-terongan seperti tomat, terong dsb.
  • Myrtaceae atau suku jambu-jambuan seperti jambu dsb.
  • Compositae seperti bunga matahari, bunga krisan dsb.

Anggota tanaman monokotil

  • Palmae atau suku palm-palman seperti pohon kelapa, pinang, dsb.
  • Musaceae atau suku pisang-pisangan seperti pisang dsb.
  • Orchidaceae atau suku anggrek-anggrekan seperti anggrek dsb.
  • Zingiberaceae atau suku temu-temuan seperti jahe, kencur dsb.
  • Graminae atau suku padi-padian seperti jagung, padi dsb.

Itulah tadi perbedaan dikotil dan monokotil. Perbedaan tersebut juga sangat berpengaruh juga pada pertumbuhannya, sehingga kita dapat menentukan mana tumbuhan dikotil dan mana tumbuhan dikotil hanya dengan sekilas melihatnya saja karena perbedaannya sangat jelas terlihat.

Demikian artikel mengenai perbedaan dikotil dan monokotil. Semoga dapat menambah pengetahuanmu mengenai ilmu biologi ya guys. Jangan lupa untuk terus update ilmu biologi ini ya, agar kamu tidak ketinggalan informasi tentang ilmu yang sangat menakjubkan ini. Semoga bermanfaat.

Daftar referensi :

Aloysius, S. & Sukirman. 2008. Biology. Yogyakarta: Yudhistira.

3 Comments
  1. […] Baca juga : Perbedaan dikotil dan monokotil […]

  2. […] Baca juga : Perbedaan dikotil dan monokotil […]

  3. […] yang kurang subur untuk lahan pertanian. Spesies tumbuhan paku sangat banyak, kira-kira ada 12.000 spesies tumbuhan paku yang hidup di bumi. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika masih ada tumbuhan paku yang masih […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.