Mari Belajar Biologi

Pengertian, Klasifikasi, Anatomi Tubuh Amphibi

0

Hallo sahabat edubiologi, kita jumpa lagi nih. Pada kesempatan kali ini kami akan share Pengertian, Klasifikasi, Anatomi Tubuh Amphibi, Maaf kalau gambarya kurang berkenan, ini praktikum anatomi jadi memang perlu untuk dibedah hewannya

Laporan Praktikum Anatomi Tubuh Katak

Klasifikasi katak

Amphibia

Amfibia atau amfibi (Amphibia), umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup di dua alam; yakni di air dan di daratan. (Wikipedia).

Klasifikasi Amphibia, Ordo Anura

Ordo Anura mencakup katak dan kodok. Ordo anuran terbagi atas banyak famili namun di indonesia terdapat 7 famili yaitu: Famili Bufonidae, famili Ranidae, famili Dicroglossidae, famili Megophoridae, famili Rhacophoridae, famili Microhylidae, famili Bombinatoridae.

Katak memiliki tubuh yang pendek, jari kaki yang berselaput, mata yang menonjol, lidah yang terbelah dua dan tanpa ekor. Mereka adalah pelompat. Banyak dari keistimewaan mereka, khususnya kaki mereka yang panjang dan bertenaga adalah adaptasi untuk meningkatkan kemampuan melompat mereka. Mereka kadang hidup di area yang semi berair atau mendiami tempat lembap

Sumber : Wikipedia ordo anura
Sumber : Wikipedia ordo Anura

Anatomi Tubuh Katak

Dalam pembedahan terdapat dua metode, yakni

  1. Metode inspectio merupakan metode yang dilakukan untuk mengamati anatomi eksternal dari hewan  yang terdiri atas empat bagian yaitu bagian caput (kepala), cervix (leher), truncus (badan), dan extrimitas (anggota badan).
  2. Metode sectio yaitu metode yang dilakukan dengan pembedahan untuk mengamati anatomi internal dari hewan diantaranya cor (jantung), hepar (hati), ventriculusintestinum (usus), vesica urinaria (gelembung kencing), coecum, vesica feliea, dan lien.

INSPECTIO

Bagian- bagian luar tubuh katak

struktur tubuh amfibi terdiri atas kepala dan badan untuk katak.

Pada kepala katak terdiri atas

  • kelopak mata
  • membrane niktitan.
  • rongga mulut katak, terdapat lidah yang panjang dan dapat dijulurkan keluar
  • samping kepala katak terdapat mebrana timpani berfungsi sebagai penerima suara dan kemudian diteruska oleh saluran eustachii.

 

Bagian- bagian Luar tubuh katak

badan katak :

  • kaki depan yang terdiri atas lengan atas, lengan bawah, telapak tangan dan jari yang berjumlah 4 buah.
  • kaki belakang, terdiri atas paha, betis, telapak kaki, jari-jari kaki serta selaput renang yang berada di antara jari-jari kaki

Bagian atas tubuh katak

bagian atas tubuh katak

Bagian dalam mulut katak

Bagian dalam mulut katak

Sistem Respiratoria dan organ dalam lainnya

Organ Respiratori

Organ

Vertebra Katak

Vertebra Katak

Sistem urogenitalia katak

  1. Organ reproduksi betina terdiri atas sepasang ovarium yang terdapat pada bagian belakang rongga tubuh diikat oleh penggantungnya yang disebut mesovarium.
  2. Katak jantan memiliki sepasang testis bentuknya oval, berwarna kekuningan, digantung oleh mesorsium, dan terletak di atas ginjal

Sistem urogenital katak

Sectio Sistem Digestoria

adalah nama lain dari sistem pernapasan yang terdiri dari :meliputi rongga mulut, kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus (intestinum), usus besat atau usus tebal, kloaka.

Sectio Sistem Digestoria

Sekian informasi terkait Pengertian, Klasifikasi, Anatomi Tubuh Amphibi semoga bermanfaat.

baca juga artikl menarik lainnya :Laporan Praktikum Biologi Golongan Darah dan Pembekuan Darah

Leave A Reply

Your email address will not be published.