Mari Belajar Biologi

Fungsi Xilem dan Floem Tumbuhan

1

Tahukah kamu apa fungsi Xilem dan Floem tumbuhan ?  Perbedaan sel hewan dan tumbuhan tidak terlihat.  Namun, secara fisik alat gerak tumbuhan berbeda dengan makhluk hidup lain.  Begitu pula dengan sistem transportasi.  Tanaman tidak mempunyai sistem organ peredaran darah yang berfungsi sebagai alat transportasi dalam tubuh. Sistem transportasi tumbuhan adalah sistem jaringan pengangkut. Sistem yang sangat berperan dalam seluruh kehidupan tumbuhan mulai dari pertumbuhan sampai perkembangan. Jaringan pengangkut ini terdiri atas jaringan xilem dan floem.

Fungsi xilem dan floem tumbuhan sangat kompleks dan dalam artikel ini akan dibahas secara singkat.

Fungsi Xilem

Jaringan xilem disebut juga sebagai pembuluh kayu karena keberadaannya berada di bagian tumbuhan yang keras. Di dalam tumbuhan monokotil jaringan xilem tidak berbeda jauh dengan jaringan dengan floem karena letaknya yang menyebar. Namun, fungsi xilem dan floem tetap berbeda. Sementara pada tumbuhan dikotil yang umumnya ditandai dengan batang bercabang, besar, dan keras jaringan xilem terletak pada bagian yang lebih dalam.
Pembuluh kayu terdiri dari beberapa unsur terkait dengan fungsinya. Unsur jaringan tersebut, yaitu trakea, trakeida, dan parenkim xilem. Beberapa hal tentang unsur yang dimaksud akan dijelaskan pada fungsi jaringan xilem di bawah ini.

1. Alat Transportasi

Sebagai alat transportasi adalah fungsi utama jaringan xilem. Jaringan ini mengangkut semua kebutuhan tumbuhan dari akar menuju daun. Mineral dan air yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotositesis dibawa dari akar sampai ke daun, di mana fotosintesis berlangsung.

2. Penguat

Jaringan xilem juga berfungsi sebagai penguat pada tumbuhan. Unsur trakea yang termasuk di dalam jaringan merupakan tabung berdinding tebal yang dilapisi selulosa sekunder dan lignin. Tumbuhan menjadi lebih kuat dengan lapisan selulosa. Khususnya tumbuhan angiospermae atau tumbuhan berbiji tertutup.

3. Tempat Cadangan Makanan

Salah satu unsur jaringan xilem, jaringan parenkim mempunyai dua jenis, parenkim kayu dan parenkim empulur. Parenkim empulur yang mempunyai sumbu panjang ke arah lingkaran bagian dalam dan ke arah vertikal merupakan tempat tanaman menyimpan cadangan makanan. Cadangan makanan ini ada di bagian batang.

4. Pertumbuhan

Kambium dikenal sebagai zat pertumbuhan pada tumbuhan. Jaringan ini selalu membelah. Itu yang menyebabkan tumbuhan bertambah tinggi dan bertambah besar. Letak jaringan kambium yang berada di jaringan parenkim dan menjadi salah satu unsur pembuluh kayu menyebabkan secara tidak langsung jaringan xilem berfungsi pada pertumbuhan juga.

Baca juga artikel lain seputar tumbuhan :

fungsi Xilem dan Floem tumbuhan

Fungsi Floem

Jaringan floem dikenal sebagai jaringan tapis. Sebuah jaringan yang lebih tipis dibandingkan pembuluh kayu. Meskipun demikian, dalam fungsi xilem dan floem, xilem mempunyai peranan sama penting. Jaringan ini mempunyai 5 unsur yang berhubungan dengan fungsi secara umum, yaitu jaringan parenkim floem, sel pengantar, sel albumin, serat-serat floem, dan unsur tapis.

Fungsi jaringan floem secara singkat terdapat di bawah ini.

1. Alat Transportasi

Fungsi xilem dan floem yang utama memang sebagai alat transportasi. hanya berbeda yang diangkut atau dibawa. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan membawanya ke seluruh bagian tumbuhan.

2. Tempat Penyimpanan

Parenkim floem yang menjadi salah satu unsur pembuluh tapis berfungsi menyimpan karbohidrat, tanin, resin, lemak, dan berbagai zat organik lain. Jadi, jaringan floem selain mengangkut seluruh hasil fotosintesis, juga menyimpan beberapa nutrisi tanaman untuk dikeluarkan pada saat dibutuhkan. Itu sebabnya ketika mencangkok, bagian kambium dikerok hingga bersih. Dari parenkim yang berada di bawa kambium dan banyak menyimpan nutrisi akan tumbuh banyak akar.

3. Sel Pengantar

Sel pengantar sebenarnya nama salah satu bagian dari floem yang telah disebutkan di atas. Sesuai namanya, unsur ini bertugas sebagai sel pengantar. Sel inilah yang menyalurkan hasil fotosintesis ke pembuluh tapis. Setelah itu pembuluh tapis membawa ke seluruh bagian lain. Selain itu, sel pengantar membawa hormon-hormon penyembuh luka pada tumbuhan.

Itulah beberapa fungsi beberapa jaringan tumbuhan. Fungsi xilem dan floem yang berperan sebagai jaringan pengangkut.

1 Comment
  1. […] Lihat juga : Fungsi Xilem dan Floem Tumbuhan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.