Mari Belajar Biologi

Daftar Hewan dan Tumbuhan Langka di Indonesia

1

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas suatu persoalan yang sangat serius, yaitu daftar hewan dan tumbuhan langka di Indonesia. Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan pembahasan ini karena selalu diajarkan disemua tingkat pendidikan. Tumbuhan dan hewan langka bisa dibilang adalah spesies yang sudah sulit ditemukan atau hanya ada beberapa spesies saja yang tersisa.

Penyebab langkanya hewan dan tumbuhan bisa saja diperngaruhi oleh berbagai faktor baik eksternal maupun internal. Contoh faktor external adalah perubahan iklim sehingga tumbuhan atau hewan tidak bisa berkembang biak dan menjadi langka atau bisa juga karena perbuatan manusia. Misalnya saja tanaman anggrek. Anggrek menjadi salah satu tumbuhan langka karena susah tumbuh di alam liar jika tidak ada bantuan mikoriza. Keberadaannya juga mulai terancam karena banyak orang yang memburunya untuk dijual dengan harga yang mahal.

daftar hewan dan tumbuhan langka di Indonesia

Untuk hewan misalnya penebangan liar yang menyebabkan habitat hewan tertentu terancam, atau yang sering kita dengar adalah penangkapan hewan langka untuk diperjual-belikan secara gelap. Faktor internal misalnya saja suatu spesies hewan terkena penyakit tertentu sehingga tidak bisa bertahan hidup. Begitu juga dengan tumbuhan, bisa juga faktor internal berupa masa pertumbuhan yang sangat lambat sehingga tingkat keberhasilan tumbuh sangat kecil di alam liar.

DAFTAR HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA DI INDONESIA

Sayangnya masih banyak yang tidak peduli dengan hewan dan tumbuhan langka yang semakin berkurang setiap tahunnya. Bahkan beberapa waktu yang lalu telah diumumkan salah satu spesies badak di Afrika telah punah dan membuat banyak orang merasa sedih. Seharusnya kita akan langsung merasa aneh jika ada spesies hewan yang sulit untuk ditemui bukan? Jika dihitung, jumlah tumbuhan dan hewan langka memang sangat banyak. Nah, Dibawah ini sudah terangkum beberapa tumbuhan dan hewan langka yang perlu kamu ketahui.

DAFTAR HEWAN LANGKA DI INDONESIA

  1. Komodo (Varanus komodoensis)

hewan langka komodo

Komodo merupakan spesies purba endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo, Flores. Jumlah komodo memang tidak terlalu banyak sehingga dikategorikan sebagai salah satu satwa langka yang dilindungi. Selain itu, komodo juga dikenal dengan hewan kanibal dan petarung yang hebat.

  1. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae)

hewan langka harimau sumatra

Harimau Sumatera adalah salah satu satwa langka yang banyak diburu untuk diambil kulitnya. Oleh sebab itu harimau ini masuk dalam hean langka. Upaya pelestarian harimau Sumatera juga terus dilakukan untuk melestarikan kucing besar ini.

  1. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)

hewan langka badak jawa

Badak jawa masuk dalam family Rhenocitidae. Keberadaan badak Jawa ini memang sangat terancam dalam beberapa tahun terakhir. Banyak diburu manusia yang memburu culanya dengan memotongnya kemudian membiarkan badak begitu saja. Cara ini memang sangat sadis dan banyak badak yang tidak bisa bertahan hidup dan akhirnya mati. Di Jawa mungkin hanya tersisa beberapa ekor saja sehingga Badak Jawa masuk dalam salah satu hewan yang dilindungi.

  1. Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)

hewan langka badak sumatra

Di Dunia, terdapat 5 spesies badak yang masih ada, salah satunya Badak Sumatera ini. Mamalia besar ini dikenal memiliki kulit yang sangat keras dan culanya yang sering diburu. Diperkirakan populasi badak ini hanya 6 populasi saja di alam liar.

  1. Orang Utan (Pongo Pygmaeus dan Pongo Abelii)

hewan langka orang utan indonesia

Salah satu hewan yang terus diupayakan konservasinya adalah Orang Utan. Orang Utan menjadi spesies yang terancam punah dalam beberapa tahun terakhir. Untungnya masih banyak yang peduli dengan Orang Utan dan melakukan upaya konservasi.

  1. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis)

hewan langka gajah sumatra

Beberapa waktu yang lalu kita tentu sering mendengar gerita gajah yang masuk ke pemukiman manusia bukan? Gajah memang menjadi salah satu hewan langka yag sering diburu orang untuk diambil gadingnya.

DAFTAR TUMBUHAN LANGKA DI INDONESIA

  1. Anggrek

Anggrek adalah salah satu tumbuhan langka yang banyak dicari. Salah satu spesies yang terancam punah adalah anggrek hitam yang biasanya hidup di kaki gunung.

  1. Bunga bangkai

tumbuhan langka bunga bangkai

Bunga bangkai adalah bunga raksasa yang memiliki bau yang sangat busuk. Keberadaannya sangat langka karena cara hidupnya harus memiliki inang. Jika beruntung, kamu bisa menemukan bunga bangkai yang sedang mekar di Kebun Raya Bogor. Tentunya kesempatan itu akan jarang kamu temui karena bunga bangkai mekar beberapa tahun sekali saja.

  1. Rafflesia arnoldi

bunga langka Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia menjadi salah satu tumbuhan langka dan hanya tumbuh di Indonesia (Endemik). Bunga ini dikategorikan sebagai tumbuhan langka karena sangat sulit ditemukan dalam kondisi mekar, terkadang jika sudah mendekati fase generatif, bunga ini malah mati.

  1. Edelweiss

tumbuhan langka Edelweiss

Jika kamu sering berpetualang dipuncak gunung, mungkin akan sering menemui bunga yang satu ini. Edelweiss juga disebut bunga abadi karena walaupun sudah mati, bentuknya akan sama sperti ketika masih hidup, bunganya juga berukuran kecil dan cantik. Sayangnya, bunga ini membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan banyak pendaki yang iseng memetiknya untuk dibawa pulang.

  1. Kantung Semar

tumbuhan langka kantung semar

Kantung semar atau Nepenthes sp. Adalah salah satu tumbuhan langka yang ada di Indonesia. Kantung semar biasanya tumbuh di daerah yang memiliki kelembaban tinggi sehingga biasa dipakai untuk indikator kelembaban. Kantung semar memang digolongkan ke tumbuhan langka. Untungnya kini banyak pecinta tanaman yang mencoba membudidayakan tumbuhan ini untuk dijadikan tanaman hias atau ditanam kembali ke habitat asli.

  1. Cendana

tumbuhan langka cendana

Pohon cendana adalah salah satu pohon yang memiliki tekstur kayu yang sangat kokoh. Maka dari itu banyak penebang illegal yang mengeksploitasi pohon ini di alam liar dan menjualnya dengan harga mahal.

Itulah tadi hewan dan tumbuhan langka yang ada di Indonesia. Kita tidak tahu kapan tumbuhan dan hewan langka tersebut menjadi kian sedikit atau bahkan punah. Salah satu upaya untuk mencegah kepunahan adalah konservasi yang kini banyak digalakan oleh para sukarelawan. Demikian artikel tentang hewan dan tumbuhan langka. Semoga bermanfaat.

Referensi

Kurniawan, M. B. 2010. Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia. Jakarta: Cikal Aksara

1 Comment
  1. […] Baca juga :¬†Daftar hewan dan tumbuhan langka di Indonesia […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.