Mari Belajar Biologi

Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar Secara Hidroponik

0

Tanaman hias adalah tanaman yang sering dibudidayakan dan memiliki nilai jual yang tinggi dari segi estetika dan juga fungsi lainnya, sehingga ada banyak yang menyukai tanaman hias. Salah satu jenis tanaman hias memiliki banyak fungsi adalah bunga yang memiliki penampilan yang menarik, memiliki banyak fungsi dan menguntungkan. Biasanya tanaman hias seperti bunga lebih banyak digemari oleh banyak kalangan karena kebanyakan tanaman hias bunga menyimbolkan sebuah perasaan. Banyak yang memilih membeli tanaman hias bunga untuk media pernyataan cinta atau pengungkapan rasa kasih sayang kepada orang yang mereka sayang. Nilai jual tanaman hias bunga juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga tidak sedikit yang melakukan budidaya tanaman hias. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik.

Melakukan budidaya tanaman terbilang gampang-gampang susah, jika tidak hati-hati dalam perawatannya bisa-bisa tanaman menjadi mati. Begitu juga menanam tanaman hias mawar, sebenarnya menanam tanaman mawar tidak memerlukan biaya dan mengeluarkan banyak tenaga, bunga mawar bisa ditanam pada media pot maupun langsung ditanam ditanah, namun sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, cara bertanam atau teknik budidaya juga perlu dtingkatkan seperti teknik hidroponik yang berlaku untuk tanaman hias. Anda bisa membuat inovasi baru dengan menanam bunga mawar menggunakan teknik hidroponik dan cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang menarik perhatian dan menggoda siapa saja yang melihatnya, salah satu tanaman hias bunga yang memiliki banyak pesona adalah bunga mawar. Selain memiliki warna dan rupa yang menggoda dan menawan juga memiliki aroma dan harum yang khas. Sehingga tidak heran banyak orang yang tertarik dengan pesona bunga mawar dan memilih untuk membudidayakan sendiri bunga mawar di pekarangan rumah atau ditanam dikebun bunga.

Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar Secara Hidroponik

Menggunakan teknik hidroponik pada tanaman hias memang jarang dilakukan namun anda bisa belajar bagaimana cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik terutama bagi kebanyakan orang yang tinggal diperkotaan dengan lahan yang sempit. Namun hal tersebut jangan membuat anda berhenti dari hobi menanam anda, apalagi anda malas karena susah mendapatkan media tanam tanah yang baik dan subur sekalipun, anda bisa mencoba melakukan inovasi baru pada hobi anda dengan menggunakan teknik hidroponik tanpa menggunakan media tanam tanah.

Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar Secara Hidroponik

Sebenarnya teknik hidroponik adalah memanfaatkan media air sebagai tempat pertumbuhan tanaman. Menggunakan media hidroponik memiliki banyak keunggulan, selain tidak menggunakan media tanah dan tidak memerlukan lahan yang luas juga memberikan kemudahan pada tanaman dalam menyerap air.

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Wadah hidroponik

Mengunakan media hidroponik berarti membutuhkan wadah sebagai tempat penyimpanan media tanam sekaligus tempat untuk menyimpan tanaman hidroponik yang kaan ditanam. Ada beberapa hal yang harus diperhatiakn dalam memilih wadah yang harus digunakan sebagai tempat tanam media hidroponik yaitu memastikan jika wadah yang akan anda gunakan bisa menahan tanaman yang akan anda tanam, jangan gunakan wadah yang kecil untuk tanaman yang nantinya memiliki pertumbuhan yang besar, karena selain perakaran tanaman tidak akan muat pada wadah itu juga pertumbuhan tanaman yang besar bisa membuat wadah tidak bisa menahan pertumbuhannya agar batang yang tumbuh tdak mudah roboh, ini juga berlaku untuk semua jenis budidaya tanaman selain Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik. Pilih wadah yang berwarna gelap dan tidak transparan agar tidak ditumbuhi lumut, hindari menggunakan wadah yang memiliki bahan dasar besi, karena menggunakan bahan besi untuk digunakan pada media hidroponik akan membuat wadah cepat berkarat dan akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.

  • Mengisi wadah hidroponik

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik yang perlu anda perhatikan adalah pengisian wadah hidroponik, isi wadah untuk hidroponik menggunakan batu-batuan atau pasir, batu-batuan dan pasir dapat digunakan untuk menahan akar dan batang tanaman agar kokoh berdiri tambahkan arang untuk menjaga agar air tetap jernih dan menghilangkan bau, untuk tanaman sayuran tidak menggunakan batu-batuan untuk media tanam juga tidak masalah, karena sebagian besar tanaman sayuran memiliki perakaran dan pertumbuhan yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan tanaman hias bunga.

  • Air dan nutrisi

Nutrisi yang dicampurkan dengan air sebagai media hidroponik dapat anda buat sendiri, seperti dengan mencampurkan pupuk urea, pupuk NPK, pupuk KCL, dan pupuk daun kedalam 20 L air. Bahan-bahan tadi akan menjadi larutan yang kental dan anda bisa melarutkannya kembali kedalam 100 L air, atau agar lebih praktis anda bisa membelinya.

  • Pilih tanaman

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik berarti memilih jenis tanaman mawar yang anda inginkan, anda bisa memilih tanaman mawar yang diperbanyak dengan menggunakan stek batang yaitu dengan memotong bagian batang tanamanyang sudah ditumbuhi akar, cuci akar tanaman dan potong bagian daun yang sudah mati agar proses pertumbuhan tanaman berfokus pada pembungaan. Tempatkan bunga mawar yang sudah dipindahkan pada media hidroponik yang telah disiapkan.

  • Mengganti nutrisi

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik yang wajib diperhatikan adalah mengganti nutrisi dan larutan air yang digunakan dalam media tanam hidroponik, lakukan secara berkala. Karena hidroponik menggunakan media air untuk mengalirkan nutrisi berbeda dengan media tanah. Jadi kebutuhan nutrisi akan habis diserap tanaman dan anda harus sering mengganti nutrisi agar tanaman tidak mati. Bersihkan juga wadah yang digunakan agar tidak mudah kotor dan rusak, bersihkan lumut yang menempel pada wadah karena lumut dan kotoran lainnya dapat menghambat perkembangan tanaman. Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik bisa dibilang susah-susah gampang, yang penting anda bisa merawat dan menjaga tanaman agar tumnbuh dengan baik dan dapat berproduksi dengan baik dan subur.

Lihat juga : Fungsi Xilem dan Floem Tumbuhan

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik memberikan keuntungan bagi anda yang akan melakukan budidaya tanaman hias mawar, selain menyediakan nutrisi dan kebutuhan tanaman yang selalu bisa anda pantau dengan baik, tanaman hias mawar yang dibudidayakan dengan hidroponik juga akan menjadi tanaman yang memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki pertumbuhan bunga yang lebih cerah, ukuran bunga yang besar, dan juga pertanaman yang bisa dikenadalikan dan dipantau dengan baik secara keseluruhan.

Cara budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik, juga tidak lepas dari ketekunan dan keuletan kita dalam merawatnya, untuk menghasilkan tanaman hias yang mempesona, tergantung dari perawatannya, memang melakukan budidaya secara hidroponik memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membeli beberapa bahan dan peralatan media saja sudah cukup mahal, ditambah pembangunan menggunakan rumah kaca. Perawatan tanaman dan asupan nutrisi tanaman yang harus diganti agar tanaman tidak kehilangan kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan kematian tanaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.