Mari Belajar Biologi

Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

3

Bagian otak manusia dan fungsinya – Pernahkah kamu berfikir kenapa semua organ dalam tubuhmu bekerja secara sistematis dengan sendirinya? Padahal dalam keadaan tidak sadar pun, seluruh kegiatan tubuh dapat berjalan dengan baik. Itu semua karena manusia memiliki sistem saraf di seluruh bagian tubuh. Sistem saraf ini terpusat pada organ bernama otak. Otak adalah organ yang sangat penting pada manusia karena merupakan pusat dari sistem saraf. Otak tersusun dari sekitar 100 juta neuron untuk mendukung fungsi otak. Fungsi utama otak adalah sebagai pusat pengaturan segala aktivitas dan sebagai pengatur kinerja organ seperti jantung, organ pencernaan dan lain-lain.

Otak adalah organ yang sangat kompleks dan sangat rumit. Otak juga banyak memiliki lekukan yang khas seperti yang sering kita lihat pada ilustrasi. Jika memiliki lipatan otak yang banyak, itu tandanya manusia termasuk makhluk yang cerdas loh. Jika dibandingkan dengan otak hewan lain, otak manusia memang memiliki struktur yang paling kompleks dan rumit, itulah yang menjadi pembeda manusia dengan hewan. Otak sendiri terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran yang sangat penting.

BAGIAN OTAK MANUSIA DAN FUNGSINYA

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari bagian otak manusia dan fungsinya yang sudah saya rangkum. Let’s check this out!

  1. OTAK BESAR (CEREBRUM)

Dinamakan otak besar karena bagian otak yang satu ini memang memiliki ukuran paling besar dibandingkan dengan bagian lainnya. Fungsi dari otak besar adalah untuk mengatur suatu perilaku yang udah dipelajari manusia sebelumnya, misalnya saja ingatan, kecerdasan, pusat kesadaran dam lain-lain. Secara khusus, semua fungsi otak besar ditunjang dari empat bagian didalamnya yaitu lobus frontalis, lobus parietalis, lobus oksipital dan lobus temporal.

  • Lobus frontalis memiliki fungsi yang berhubungan dengan perencanaan, gerakan, emosi, penalaran, emosi dan kemampuan memecahkan masalah.
  • Lobus parietalis memiliki fungsi yang berhubungan dengan pengenalan, persepsi rangsangan dan orientasi.
  • Lobus oksipitalis memiliki fungsi yang berhubungan dengan pengolahan visual.
  • Lobus temporalis memiliki fungsi yang berhubungan dengan memori, ucapan, pendengaran dan persepsi.
  1. OTAK KECIL (CEREBELLUM)

Otak kecil adalah bagian otak yang terletak dibawah lokus oksipital, yaitu dibelakang kepala dekat dengan bagian atas leher. Otak kecil memiliki fungsi yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Misalnya saja mengatur keseimbangan tubuh, mengatur bentuk tubuh dan mengatur gerak koordinasi otot.

Baca juga : Perbedaan dikotil dan monokotil

  1. BATANG OTAK (BRAINSTEM)

Batang otak merupakan struktur gabungan dari medula oblongata, otak tengan dan pons. Fungsi brainstem adalah meneruskan impuls menuju otak besar serta menyilangkan serat kortokospinal. Secara umum bisa dikatakan fungsi dari batang otak adalah mengontrol pernapasan, denyut jantung, kinerja ginjal dan sebagainya. Bagian dari brainstem adalah sebagai berikut.

  • Mesencephalon

Mesencephalon atau biasa disebut dengan otak tengah merupakan bagian penghubung antara otak kecil dan otak besar. Mesencephalon berhubungan dengan penglihatan manusia.

  • Medula oblongata

Medula oblongata adalah bagian awal saraf yang dihubungkan ke tulang belakang dan selanjutnya diteruskan ke seluruh tubuh. Bagian ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan pengaturan fungsi organ yang otomatis.

Baca juga : Anggrek spesies dan anggrek hibrida

  • Pons

Pons adalah bagian dari batang otak yang berada dibawah medula oblongata dan berfungsi untuk meneruskan informasi ke bagian otak lain.

  1. SISTEM LIMBIK (LIMBIC SYSTEM)

Sistem limbic adalah bagian otak yang berada pada sisi tengah yang terdiri dari beberapa komponen seperti hipotalamus, thalamus, korteks limbic, amigdala dan hippocampus. Fungsi dari sistem limbic adalah berhubungan dengan kesadaran manusia. Sistem limbic merupakan pusat dari rasa haus, rasa lapar, emosi, penghargaan, kejujuran dan perasaan.

perbandingan otak manusia dengan otak hewan

Itulah tadi penjelasan dari bagian otak manusia dan fungsinya. Memang fungsi otak kita benar-benar rumit dan mengatur hal sekecil apapun dari aktivitas kita. Karena otak adalah organ yang sangat penting, pastikan kamu menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi makanan bergizi dan memakai perlengkapan keamanan ketika berkendara. Gak kebayang kan kalau otak kita mengalami kerusakan?

Demikian artikel mengenai bagian otak manusia dan fungsinya. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu di bidang biologi dan bermanfaat bagi orang yang ada di sekitarmu. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Campbell, N. A., Reece, J. B., Mitchell, L. G.2004. Campbell Ed. 5 Jilid 3. Jakarta: Erlangga

3 Comments
  1. […] Baca juga : Bagian otak manusia dan fungsinya […]

  2. […] dan peredaran darah kecil. Pada peredaran darah besar, darah mengalir dan jantung menuju ke seluruh tubuh manusia, lalu kembali ke jantung. Peredaran darah besar dinyatakan sebagai […]

  3. […] Keberadaan badak Jawa ini memang sangat terancam dalam beberapa tahun terakhir. Banyak diburu manusia yang memburu culanya dengan memotongnya kemudian membiarkan badak begitu saja. Cara ini memang […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.