Mari Belajar Biologi

Anggrek Spesies dan Anggrek Hibrida

2

Anggrek spesies dan anggrek hibrida – Tanaman anggrek adala salah satu tanaman dari family Orchidaceae yang terkenal dengan keindahan bunganya. Tentunya kita setuju jika anggrek disebut sebagai bunga terindah yang sering kita jumpai di halaman rumah. Bunga anggrek sendiri memliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki bunga tunggal, zygomorpha, sepal biasanya terdiri dari 3 warna, memiliki 3 petal dengan 2 memiliki bentuk yang sama dan sisanya terdifferensiasi menjadi labelum (bibir bunga). Bunga anggrek juga memiliki 3 stigma dengan 2 diantaranya bersifat fertil disebut restelum.

Indonesia memiliki lebih dari 5000 spesies dengan penyebaran 2500 spesies terletak di Papua, 2000 spesies di Kalimantan dan 500 spesies lainnya tersebar di pulau lainnya. Bunga anggrek adalah bunga yang sangat mudah untuk disilangkan, sehingga hampir semua anggrek yang dijual dipasaran tidak diketahui spesiesnya, melainkan hanya diketahui sampai tingkat genusnya saja. Dalam dunia anggrek terdapat istilah anggrek spesies dan anggrek hibrida.

Anggrek spesies adalah bunga anggrek jenis asli yang tumbuh dan berkembang di alam bebas. Anggrek hibrida adalah bunga anggrek hasil persilangan yang pertumbuhannya dibantu oleh manusia. Membedakan anggrek spesies dan anggrek hibrida dari namanya. Nama-nama anggrek terdaftar di Royal Horticultural Society, yaitu lembaga yang mengurus segala sesuatu tentang anggrek dan tempatnya berada di Inggris.

ANGGREK SPESIES DAN ANGGREK HIBRIDA

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  1. ANGGREK SPESIES

Anggrek spesies adalah anggrek yang hidup di alam bebas dan budidayanya terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.  Dikarenakan hidup di alam liar, ketika memperbanyak diri maka anggrek ini hanya menghasilkan spesifikasi yang masih sama alias tidak banyak variasi. itulah yang membuat anggrek ini istimewa karena sangat langka.

Contoh anggrek spesies antara lain:

  1. Grammatophyllum scriptum
  2. Coelogyne pandurata
  3. Ascocentrum miniatum 
  4. Coelogyne pandurata 
  5. Corybas fornicatus 
  6. Cymbidium hartinahianum 
  7. Dendrobium catinecloesum 
  8. Dendrobium d’albertisii 
  9. Dendrobium lasianthera 
  10. Dendrobium macrophyllum 
  11. Dendrobium ostrinoglossum 

2. ANGGREK HIBRIDA

Anggrek hibrida adalah anggrek hias yang disilangkan antar kultivar, populasi, atau antar galur dalam suatu spesies. Anggrek hibrida adalah anggrek keturunan dua varietas, spesies, subspecies,  atau dapat pula dari dua genus yang berbeda satu sama lain.  Anggrek hibrida dua varietas dan subspecies disebut hibrida intraspesifik. Hibrida spesies disebut hibrida interspesifik dan yang terakhir, yaitu hibrida dua genus disebut hibrida inter generic. Anggrek jarang sekali mengalami perkawinan silang secara alami dikarenakan beberapa hal seperti perbedaan genetika, perbedaan musim ataupun bisa disebabkan oleh morfologi bunganya. Maka dari itulah kawin silang antar anggrek dibantu oleh manusia sehingga menghasilkan tanaman hias yang disebut anggrek hibrida.

Baca juga : Daur hidup kupu-kupu

Tujuan dilakukannya persilangan oleh manusia adalah untuk mencari bibit-bibit anggrek yang bersifat unggul yaitu tahan hama dan penyakit, rajin berbunga, mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi terhadap suhu ataupun lingkungan area penanaman, ukuran bunga yang besar, warna-warna yang beragam, variatif dan indah juga corak yang unik dan tidak biasa atau berbeda satu sama lain yang menjadikannya istimewa dan memiliki nilai lebih.

Contoh-contoh anggrek hibrida adalah sebagai berikut:

  1. Cattleya Mantinii (Hybrid dari dowiana X C.bowringiana)
  2. Dendrobium Buana Jade
  3. Oncidium Sharry Baby Sweet Fragrance
  4. Dendrobium Sutiknoi

Saking terkenalnya, kini banyak loh kolektor anggrek yang mengoleksi berbagai spesies anggrek dari seluruh penjuru Indonesia. Perawatan anggrek memang gampang gampang susah. Ada beberapa spesies anggrek yang bandel jika dibudidayakan. Hal ini karena biji anggrek berukuran sangat kecil dan tidak memiliki endosperm. Padahal endosperm tersebut mengandung cadangan makanan yang digunakan biji untuk berkecambah. Jadi kebanyakan orang yang melakukan perbanyakan anggrek menggunakan teknik kultur in vitro, yaitu menanamnya didalam botol steril yang berisi media. Media tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anggrek sehingga prosentase biji anggrek untuk berkecambah semakin besar. Dari situlah para kolektor anggrek mengambil keuntungan karena benih anggrek yang maasih kecil saja memiliki harga yang lumayan mahal.

Demikian artikel mengenai anggrek spesies dan hibrida. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu mengenai anggrek dan siapa tahu kamu berminat menjadi pengusaha anggrek. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Pranata, A.S., 2005. Panduan Budidaya dan Perawatan Anggrek. Jakarta : Agro Media.

Rahardi, F, Sri Wahyuni, dan Eko M. Nurcahyo. 1993. Agribisnis Tanaman Hias. Surabaya: Penerbar Swadaya.

2 Comments
  1. […] Baca juga : Anggrek spesies dan anggrek hibrida […]

  2. […] bisa berkembang biak dan menjadi langka atau bisa juga karena perbuatan manusia. Misalnya saja tanaman anggrek. Anggrek menjadi salah satu tumbuhan langka karena susah tumbuh di alam liar jika tidak ada bantuan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.